Langsung ke konten utama

Bunga Terakhir


BUNGA TERAKHIR
.
Halo,
Ketika aku nulis cerita yang abstrak tapi harus aku tulis, karena biasanya mantan penulis (eh) ga bisa luapin perasaannya tanpa pulpen dan kertas. Dan ini aku tulis pada tanggal 25 Maret 2016, dini hari tadi.
.
Kali ini aku buat cerita sesuai apa yang aku alami dan aku rasakan 3 semester lalu, Kalo pun sekarang semuanya berbeda, berarti Tuhan mendengar doa-doa'ku untuk kalian. Nantinya kita semua akan berbeda arah dan tujuan, jalan takdir kita juga berbeda, tak selalu sama, bukan kah begitu........... kawan? Dan mungkin ketika aku tulis coretan kalimat tak bermakna ini, aku sedang ada pada bukit yang berbeda dengan kalian semua, dan ketika aku menoleh keselilingku, tak ada salah satu dari kalian, dan saat itu tiba, aku sebut itu dengan Rindu.
.
Dulu.. yang aku sebut kita adalah 5 orang konyol yang memiliki sifat saling melengkapi, itu adalah A, R, P, O (aku), dan F. Kita yang awalnya ga saling kenal, tiba-tiba menyatukan batin kita satu sama lain dan menyebutnya dengan keluarga kecil. Aku ulas mereka satu persatu sesuai dengan ingatanku di masa lalu :) Si A, dia teman yang unik, selalu heran dengan hal-hal yang baru ia tau padahal itu hal-hal yang umum biasanya dalam bahasa jawa dia selalu bilang ("Ih ih, mosok? kok iso to? mosok e? ih ih tenane?") dia suka grogi kalo ada chat dari cewe yang dia suka tiba-tiba datang, bahkan kadang dia bingung harus balas dengan kata-kata seperti apa, tapi dia aslinya berani, hanya saja dia butuh dukungan dari kita agar dia jadi lebih yakin kalo dia bisa, dulu mati-matian aku berusaha biar dia ga ngerokok lagi, tapi.. yah seseorang inginkan kebebasan tersendiri. Kemudian si R, temanku satu ini bisa dibilang paling susah dibilangin diantara kita berlima, bisa dibilang dia orang paling nekat diantara kita, sifatnya yang gabisa diubah yaitu malas ngerjain tugas. Hal yang bikin dia seneng adalah ketika cewek gebetannya jadi penyemangat buat dia, tapi yang bikin aku sedih, dia udah punya cewek hloo. Tobat ndes. Meskipun begitu, jauh dari dalam dirinya, dia punya jiwa ke-bapak'an yang besar, mungkin dia bisa melindungi. Itu kelebihannya, kadang dia selalu nunggu aku buat pulang bareng, karna kebetulan kita searah pulang, apalagi kalo aku sakit, dia pasti yang selalu nawarin dirinya buat nganter sampe rumah. Terbaik lah. Ehh semua Terbaik kok. Selanjutnya si P, ahhh dia temanku yang susah disiplin, selalu datang ke kampus dengan jam-jam batas akhir yang udah dia tentuin, alhasil kalo ga telat ya palingan ga jadi ngampus. Dia suka masak hloo, ya maklum anak kost. Kost dia adalah basecamp kita berlima saat ngumpul bareng tiap hari ! Dia ga pernah tepat janji seingatku. Tapi apapun itu, dia punya kelebihan yang ga dimiliki cowok-cowok lain yaitu suka bersih-bersih kost'a. wkw. Selanjutnya si F, temanku yang paling kurus, paling ngertiin aku banget, anaknya diplomatis, rajin nugas, dia paling kalem diantara kita, dia punya selera makan yang hampir sama kaya aku (sama-sama ga begitu suka daging ayam dan ga doyan daging kambing ato sapi) tapi kita sama-sama suka lychee squash. Aseek. Semua dari mereka adalah kesayanganku. Semua dari mereka adalah yang selalu aku sayang.  Tak ada yang aku kasihi berlebih selain mereka. Begitu sayangnya aku sama mereka. Sangat sayang. Sementara  aku? gaada yang perlu aku tulis tentang diriku sendiri, tapi aku adalah si egois yang masa bodoh sama apapun itu. Selebihnya kalian yang tau :)
.
Setiap cerita pasti punya alur dan selalu ada konflik disetiapnya..
.
Awal pertama kali kita masuk ke dunia perkuliahan, itu adalah hal paling tak terlupakan untuk kita berlima. Hubungan pertemanan kita cuman diwarnai dengan hal-hal yang ga pernah jadi mimpi buruk tiap kali kita pulang kerumah kita masing-masing sepulang kuliah. Tugas selalu jadi hal yang memuakkan, tapi kita bisa lewatin itu bareng-bareng selagi di basecamp kita (kost P) wifi'a masih ON wkwk. Makan bareng, tidur bareng kaya ikan asin lagi dijemur, main kartu bareng pake tepung, nyanyi-nyanyi gila bareng, gila-gilaan bareng dan nonton film bareng, hmmm (yaa udah dewasa juga, mau nonton film semi kali-kali juga boleh lah ya). Haha bakalan seru kalo ada film semi baru yang baru kita download, atau salah satu dari kita punya film'a. Tirai di basecamp ditutup rapat, pintu dikunci, kita ke posisi masing-masing, si A biasanya dia gelisah gitu, ga tenang kaya kita berempat, si R biasanya tengkurap, si P biasanya ngapit guling di antara kakinya, si F duduk dan nutupin kakinya ke atas pake bantal, dan aku... mojok kalo ga tiduran di pantatnya si R. Pernah tuh sekali masa, kita lagi nonton seru-serunya, dan ternyata cuman setengah aja dari film itu yg ke download, tau kan gimana rasanya udah mau naik, dan dipaksa turun karna ini. Ahhhh itu bikin ahhhh pokoknya kita pasti embohlah, biasanya jadi salting sendiri kita. wkwk tapi yang hobi mbokep nih si R tuh, --".
.
Meskipun begitu, kita berlima suka pergi keluar sekadar hunting foto bareng, seneng-seneng bareng, nongkrong nyusu bareng, semuanya serba bareng. Hal yang ga bisa terlupakan ketika kita saling cerita tentang kehidupan kita satu sama lain sampe cerita tentang pacar, gebetan, dan cewe yang lagi dikode sama salah satu diantara kita. Mungkin semua hal yang pernah kita lewatin bareng gaakan bisa dilupain, meskipun mungkin kalau dibuat cerita lisan, seminggu aja ga cukup buat ceritain kita dulu. Ahh pokoknya mereka loveable buat aku.
.
Sampe ada masa ketika salah paham menjadi tonggak peretak hubungan kita, dan mungkin 80% karna salahku. Ada masa dimana kita merasa lelah dengan suasana, bahkan dalam pertemanan pun pasti terkadang ada rasa marah, kecewa dsb. Biasanya tiap kali kita da masalah, beberapa jam kemudian kita udah balik normal lagi, biasa lah. Tapi entah seketika ada masalah di waktu itu aku ngrasa bener-bener ga dihargain. Cerita awal ketika itu terjadi, kita semua ada kelas jam 4 yaitu praktikum hukum kontrak, ada tugas yg barusan kita kerjain, gatau juga kenapa aku ngerjain tugas mepet waktu banget, sampe pada jam 4 tugas masih belum selesai, sedangkan semua dari kita memburu waktu, ketika tugas selesai,si P baru mau mulai mandi, kebiasaan ga disiplinnya dia bikin semua dari kita pasti gregetan. Padahal ketika itu print-print'an si P rusak dan kita harus ngeprint di belakang kampus, dan ngopy itu buat kita masing-masing, akhirnya si R nyabar-nyabarin aku yang saat itu mungkin naik darah tapi ndak tersampaikan. Dia akhirnya memutuskan untuk bagi tugas, si F nunggu si P mandi dan barengin si P ke kampus, aku ke tempat print sama si R. Akhirnya kita ke tempat print biasanya, dan disitu...... antriannya bikin tambah naik darah, R yang ngeliat aku udah kaya gitu, masih berusaha buat aku sabar. Sampe pada akhirnya kita berhasil masuk k kelas meskipun telat 45 menit. :') Tau kan gimana rasanya malu dateng telat yang ga wajar gitu dan baru aja duduk, 5 menit kemudian perkuliahan selesai. Dan ah mungkin waktu itu emang lagi badmood aja sampe ketika kita selesai kelas dan mereka ngikutin aku, aku sengaja pengen langsung balik duluan, tapi aku dengar dari pembicaraan mereka dibelakangku, omongan yg ga harusnya di omongin waktu itu, malah diomongin sama si F dan si P, marahku lebih perfect saat itu. Meskipun mungkin mereka gada niatan ngomongin aku kaya yang mereka bicarakan barusan, tapi siapa orang yang lagi marah ditambah dengan kata-kata ga pantas kek gitu jadi tambah baik? Gaada kata maaf dari mereka, dan begitu pula aku, batu yang bener-bener batu ini akan selamanya jadi batu. Hal itu berlarut, setidaknya A sama R masih ada diposisi tengah antara kita, liburan semester datang. Si R sama A yang awalnya baik-baik aja karna masih ditengah, tiba-tiba udah beda, semua beda. Aku bener-bener ga abis pikir sama semuanya.
.
Tapi karna batu ini bener-bener ga bisa luluh. Akhirnya aku mutusin buat nglupain temen-temen yang udah aku anggap jadi keluarga kecilku itu, dan nerusin perjuanganku di kampus memuakan ini. Aku berusaha ga larut dalam situasi dimana aku harus jadi individualis secara mendadak. Tapi aku sudah buktikan, dan aku bisa. Keseharianku yang jadi kupu-kupu ini (kuliah pulang kuliah pulang) maksutnya, justru bikin aku lebih kuat dari sebelumnya. Teman-teman kampus yang lain yang ga pernah deket sama aku justru karna masalah ini aku jadi tau bagaimana perhatian besar mereka ke aku. Beruntung sekali aku punya banyak orang yang sayang sama aku.
.
3 semester berlalu, aku semakin terbiasa dengan keterbatasanku dan kesendirianku, aku menikmati semua proses ini kawan. Hingga pada akhirnya P, mungkin mulai merasa apa yang selalu dipertanyakannya harus disampaikan, akhirnya dia memberanikan diri mengungkapkan apa yg selama ini terjadi, dia memintaku untuk menyampaikan permasalahan yang ada, dan aku menyampaikannya secara ringkas. Kita saling maaf, dan yaa kita balik lagi jadi orang yang pernah dekat, meskipun tetap berbeda. Hanya P. Pertanyaan yang selama ini muncul, apakah pertemanan kita selama hampir 2 tahun lalu itu ga berarti apa-apa untuk 3 orang temanku lainnya? Ataukah emang mereka mengharapkan tanpa kehadiranku. Apapun itu, tak ada satu pun diantara mereka yang berani datang, sekedar ngajak ngobrol bareng empat mata soal permasalahan antara kita. Cuma P. Meskipun beberapa saat lalu, ada chat masuk dari F saat lebaran tahun 2015, "Wel, mohon maaf lahir batin. Aku minta maaf yo". Meskipun hanya lewat chat, aku yakin dia pasti tulus, saat itu. Tapi aku salah, ketika liburan habis, dan kita bertemu lagi dimasa-masa kuliah di semester 6 ini, gaada yang berubah, justru aku semakin risih dengan omongan-omongan mereka. Aku semakin yakin, kalo aku harus nglupain mereka, gaada yang perlu aku harapin dari mereka. Toh pada akhirnya kita semua akan berpisah setelah lulus :) Semua yg berhubungan dengan mereka aku delete, socmed aku blokir, dan foto-foto kenangan kita dulu, haha udah di format semua dalam hitungan detik. Sayang banget aku sama mereka saat aku liat foto-foto yang harus aku hapus saat itu. Tapi, batu ini semakin runcing, tidak ada lagi yang bisa mengganggu. Hingga semuanya bersih, dan aku memulai semuanya seperti seakan aku tak pernah kenal mereka. Beberapa kali P berusaha mengingatkanku pada masa-masa kita dulu, tapi aku berusaha memutar cerita lain. Dan aku pikir, usahaku mungkin berhasil, mungkin aku udah lupa sama mereka, mungkin aku udah lupa kalo aku pernah jadi anggota keluarga kecil itu, mungkin aku udah lupain semua yang pernah kita ukir bareng. Mungkin aku udah lupa. Dan aku percaya, Ya ! aku udah terlahir kembali, aku udah bukan anggota keluarga kecil itu, aku udah hidup sendiri ! aku bisa tanpa mereka, aku bisa !
.
Hingga pada akhirnya keyakinanku bahwa mereka bukan segalanya buat aku terpatahkan, ketika saat badan ini mulai menunjukan kelemahannya untuk bangkit dari tempat tidur karena demam semalaman, ada telpon masuk dari P, suara yang harusnya tak ku keluarkan karna sakitnya mengucap kata seketika berubah. P memberikan sebuah kabar di subuh itu tanpa aku percaya, tak ku hiraukan apa yg aku rasakan, berapa jauh jalan yg harus aku tempuh, dan bagaimana remuknya hatiku. Dia memberitau ku, kabar duka yang tak kusangka bahwa F telah meninggalkan ku, meninggalkan kita semua pada 23 Maret 2016 lalu karena sebuah kecelakaan di tanggal 22. Yang aku rasakan saat itu hanya berharap itu adalah mimpi buruk. Tapi P meyakinkanku bahwa itu nyata. jari-jariku saat itu seketika lumpuh total, air mata yang tak bisa keluar sama sekali karena sesak yang begitu amat dalam begitu menyiksa diri. Aku masih tak percaya. Sampai lah di kost P, aku hanya melihat dia didepan kamar, dan kuhabiskan sesakku dan apa yang kubendung dari rumah disana. Tak ada kata lega disitu, tak ada kata ikhlas disitu. Aku hanya merasa, ini bukanlah akhir dari cerita kita bersama, ini bukanlah akhir yang aku harapkan di cerita kita berlima. Ini bukanlah....... ahhhhh habis kataku untuk menggambarkan remuknya hatiku saat itu yang terus berusaha aku tahan, aku tahan dan aku tahan selama 3 hari ini. Aku berusaha tampak tegar, tampak tegar diantara semua orang, itulah aku. P berusaha menenangkanku. Dan kita berangkat menuju rumah duka. Aku juga gatau kenapa semua orang, semua teman yang ada dirumah duka menatap ke arahku. Aku ingin memastikan bahwa itu adalah omong kosong, itu salah !! Seketika aku melihat lara hati seorang ibu yang ditinggalkan anaknya, begitu tambah hancur apa yg telah aku rasakan, aku masih membendungnya, masih berusaha tegar. Dan aku melihat seseorang yang dibaringkan di sana, diarah kiblat itu, seseorang yang tertutup oleh sehelai kain selendang, dan salah seorang temanku membukanya perlahan. Aku masih tak percaya bahwa yang tengah tertidur pulas dengan balutan kafan itu ialah F. Dalam hatiku aku masih tak percayaaaaa. Lemas seketika rasanya, dan aku tersungkur duduk, aku masih yakin itu bukan dia. Ku kirimkan padanya bait-bait doa untuknya, agar dia kembali menyapa sahutan doa'ku, agar dia bangkit dan saling merangkul kita bagaikan satu tahun silam ketika kita saling bodoh berjalan bersama diatas rel tuntang, sekadar menemukan sebuah jembatan biru itu. Dan saling merangkul bagaikan takkan terpisahkan lagi. Ketika jamaah tahlil telah mengumandangkan alunan doa'a... Aku kembali teringat akan seseorang yang kurus, yang selalu menjadi pendiam, yang selalu suka dengan vespa meskipun dia ga bisa mengendarai vespa keluar komplek, dan dia adalah orang yang selalu ikut kita ke tempat karaokean tanpa mau sekalipun nyanyi, hanya request-request lagu dan ngeliat kita bener-bener gila ketika nyanyi. Tapi, dibalik pendiamnya dia, di playlist hpnya tersimpan lagu-lagu metalica, rock, dan pokoknya kita ga bakal nyangka aja. Aku berusaha tegar dibawahnya saat itu, aku berusaha terlihat aku baik-baik saja, agar dia tau bahwa aku bisa tanpa dia ! Sontak ibunya histeris menyebutkan namanya, hatiku ikut terbawa.. Gaada celah lagi untuk membuatku tegar, padam seketika, gaada cahaya sama sekali, gaada kekuatan apapun, gaada lagi si kurus yang begitu ku sayangi, ga ada lagi si mio putih dan si bmc itu. Gaada lagi!!!! Pilu, begitu rasanya seperti duri-duri tajam itu masuk menusuk kedalam tangkainya sendiri. Aku lihat lagi keatasku, kehadapan jenazah itu. Dan aku masih berharap, ayolah berilah aku sedikit waktu untuk mengatakan bahwa aku rindu kita bersama, aku rindu kebersamaan kita berlima, aku rindu si kurus ku, aku rindu dia Tuhan aku rindu !! Belum cukupkah aku yang hina ini memanjatkan doa kepadamu untuk membangunkan kembali dia yang berbaring disebelah atasku ini !! Bahkan bernafaspun rasanya sangat sesak. Tak adakah belas kasihanMu terhadap si kurusku yang telah Kau panggil itu? Bagaimana jika dia sendirian disana? Ambillah aku untuk menjadi kawannya disana. Bukankah Engkau Maha Pengasih Tuhan, Kasihanliah dia... Pikiranku kalut saat itu, benar-benar tak ada lagi yang bisa menopangku untuk bangkit. Benar-benar belum ada yang namanya ikhlas saat itu bagiku.
.
Tibalah sampai pemakaman, aku masih tak percaya bahwa itu adalah rumah baru dari seorang teman baikku, teman yang dulu adalah keluarga kecilku. Bahagiakah dia saat ini Tuhan? berilah aku ruang sehingga sesak ini tak begitu menyakitkan dan menusuk seperti ini. Setelah prosesi pemakaman selesai, 7 langkah aku berjalan, tak ada yang memanggilku dari sana. Bahagiakah dia saat ini?? Dia telah terbaring. Dia telah meninggalkanku. Dia telah meninggalkan kita semua untuk selamanya. Haruskah aku ikut bersamanya agar ia tak lagi kesepian?
.
Tanggal 24 Maret, Pagi hari, aku merasa dia kesepian. Remuknya badanku tak ku hiraukan, aku kembali datang ke rumah barunya, aku ucapkan salam kepadanya, aku berharap dia menjawab. Tapi aku tak mendengar apapun. Kubawakan 12 tangkai bunga mawar putih seperti tanggal lahirmu. Aku berharap kita dipertemukan kembali oleh Tuhan sebagai seorang sahabat selamanya. Pagi itu aku mengajaknya berbicara lewat doa, dan lewat cekikian kecilku menceritakan kita yang dulu. Tapi tak ku dengar tawa khasnya yang dulu. Tak ku dengar apa yang ingin dia sampaikan untukku. Sama sekali.... Aku pulang, beberapa kali aku menoleh ke belakang, beberapa kali aku melambaikan tangan, tapi aku tak melihatmu lagi.... Beginikah cara kita berpisah? Beginikah cara Tuhan memisahkan kita? Seringkali setelahnya ku salahkan diriku karena perpisahan kita yang seperti ini kepada Tuhan. Hingga tadi malam aku berjanji untuk menjadi lebih tegar dari karang sekalipun, lebih mengalah dari siapapun, dan... aku berjanji kepadamu sebagai seorang sahabat :) Aku menyayangimu begitu pula kalian yang lain. Aku menyayangi kalian tanpa harus aku ungkapkan. Kali ini tak ada yang bisa aku berikan kecuali doa kecil dari aku yang hina ini untuk bekalmu disurganya Allah saat ini. Aku sangat iri terhadapmu, kau mencuri waktu untuk lebih dulu pergi ke surga. Aku iri. Aku benar-benar iri. Tapi, aku yang sekarang akan lebih tegar dari sebelumnya. Kehilangan ini akan kujadikan sebagai semangatku di kemudian hari. Kau yang telah pergi dari dunia, akan tetap hidup dalam hati dan jiwaku. Tidak akan pernah ada yang sepertimu kawan, berpulanglah dalam damai, semoga kelak kita dipertemukan kembali olehNya.
.
Kita adalah setangkai bunga mawar, perih hatiku bahwa ku tau aku kehilangan 1 helai bungaku yang gugur, sakiit hatiku, tapi aku harus tetap tegar dan berdiri, karna masih ada harapan lagi bagiku sebelum aku jatuh dan ikut gugur kelak. Tak ada yang aku sesali dari persahabatan kita. Selamanya hanya kita yang rasa meskipun persahabatan kita telah tiada.
.
Siapa saja yang baja curhatan kecilku ini, bersahabatlah dengan baik, dengan indah, jika salah satu diantara kalian ada masalah segeralah dari salah satu diantara kalian meminta keterbukaan seseorang. Yang namanya sahabat adalah ia yang menegur disaat kita salah bukan yang mendiamkan permasalahan dan pura-pura tidak ada masalah apapun. Itu bahaya, itu bukan yang biasa kita sebut sebagai sahabat. Jika kalian tidak ingin merasakan penyesalan yg aku rasakan, perbaiki lah sebisa mungkin hubungan kalian dengan sahabat-sahabat kalian. Ingat mereka adalah keluarga kecil kita. Bukan musuh yang ditegur di belakang kita, bukan orang asing yang hanya dibicarakan diluar dari sahabat-sahabat lain. Bicarakanlah permasalahanmu dengan sahabatmu didalam ruang tempat biasa kalian saling berbicara satu sama lain. Jangan sampai ada yang terluka hanya karna kita saling menutup diri. Percayalah persahabatan tak akan ada gantinya. Apalagi kenangannya.
.
Cerita kita bukan sesingkat ini, ini cuman ulasan agar hati yang sesak tidak terlarut terus menerus dalam kesedihan. 


Salam "O"

Komentar

  1. Tenyuh hati INI melihat kharakter si "P" parjo ... Semoga kita akan jadi lebih baik di kehidupan mendatang.☺☺☺

    BalasHapus
  2. Haloo kawan, :) Terimakasih sudah membaca. Tuhan meridhoi selalu persahabatan kita. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi penambah Followers (GRATIS)

Heyy Mas bro Mbak bre ... :-) Sorry ya udah lama gak eksis disini. Hacker'a berganti alih jadi promotor twitter + Penambah jumlah followers.Tapi tenang aja, jasa hacker'a masih berlaku mas bro mbak bre. Buat para pengguna twitter yang pengen banget eksis, tapi sayangnya followers'a sedikit, mulai sekarang gak ada lagi deh acara sepi sepian di kolom followers kamu. :-) Ada banyak cara untuk kalian semua buat nambah jumlah follower GRATIS loh, tapi ingat ya, semua ada batasannya. Jika anda terlalu rakus untuk menambahkan follower, Jangan harap twitter anda akan selamat dari yang namanya Suspend ! :-) Berikut cara - cara yang perlu diperhatikan untuk menambah followers : 1. Yang pertama kali wajib anda lakukan untuk menambah followers, sebaiknya anda buka dulu akun twitter anda. 2.  Setelah itu, pastikan bahwa akun twitter anda, bukan akun twitter baru. Karena dampaknya pasti akan terkena suspend. 3. Login ke link-link berikut ini :  a.  Twiends   b.  Spread

Dampak Penggunaan Teknologi dan Komunikasi

Perkembangan dunia teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat setiap insan manusia mau tidak mau, siap tidak siap menerima datangnya dunia teknologi dan komunikasi. Sangatlah terlihat betapa banyaknya teknologi dan komunikasi bermunculan dalam waktu bersamaan, seperti : adanya media cetak dan media elektronik berupa surat kabar, radio, televisi, dan komputer. Mereka berharap adanya teknologi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan manfaat yang sangat berarti bagi mereka.