Langsung ke konten utama

Pilihan Akses Internet, Kelebihan serta kekurangannya

Dewasa ini internet bukanlah sesuatu hal yang baru, bahkan mulai dari SDpun telah diperkenalkan dengan internet yang menjadi sumber ilmu pengetahuan secara instant. Internetpun kini sudah merambah ke pedesaan dengan bukti PROGRAM DESA PUNYA INTERNET yang merupakan program dari Kementrian Komunikasi dan Informasi.
Untuk terkoneksi dengan Internet ada beberapa pilihan akses :

1. ADSL
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. (Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/ADSL)

Kelemahan :
  1. Teknologinya masih berkembang terus sehingga bisa salah investasi.
  2. Harus bekerja sama dengan dua pihak pemilik jaringan (PT Telkom bagian Jarlok dan MMA), sehingga pelayanan tidak bisa satu atap.
  3. Kecepatannya tidak stabil, karena kebanyakan teknologi ini menggunakan prinsip berbagi bandwitdh
  4. Adanya Load coil yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas. Sayangnya load coils menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasa digunakan DSL. Sehingga mengakibatkan terjadinya interferensi dan ketidak cocokkan jalur untuk ADSL.
  5. Adanya Bridged tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO. Bridged tap ini dapat menimbulkan noise yang mengganggu kinerja DSL.
  6. Kecepatan koneksi modem ADSL masih tergantung dengan jarak tiang Telkom atau DSLAM terdekat, artinya jika jarak modem ADSL dengan DSLAM jauh maka kecepatan koneksi akan menurun karena banyaknya hambatan medium yang dilaluinya dan sebaliknya jika jaraknya dekat, koneksinya akan meningkat.

Kelebihan :
  1. Menggunakan infrastruktur yang sudah ada, walaupun kualitas kabel telp tidak cukup memadai untuk mengakses data kecepatan tinggi
  2. Kecepatan datanya maksimal 2 Mbps
  3. Investasi disisi pelanggan tidak terlalu tinggi, sekitar USD 200 untuk modem ADSL
  4. Khusus di Indonesia, ISP sendiri tidak perlu berinvestasi lagi
  5. Bagi pelanggan ADSL Speedy akses internet tergolong murah dan tidak takut lagi dengan membengkaknya jumlah tagihan.
2. DIAL UP

Akses Internet putar-nomor (bahasa Inggris: dial-up connection) adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
Masih banyak orang yang mempergunakan layanan Dial-up ini disebabkan ketidakmampuan mendapatkan layanan hubungan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), karena keterbatasan biaya dan area geografis. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Akses_Internet_putar-nomor)

Kelemahan :

  1. Kecepatannya terbatas, di beberapa tempat yang infrastrukturnya jelek hanya bisa mencapai sekitar 28 kbps.
  2. Sering BBB (Putus-Nyambung) karena infrastruktur yang ada tidak dipersiapkan untuk akses kecepatan tinggi
  3. Overload pada sentral telpon sering terjadi akibat dari penggunaan sentral telepon untuk koneksi internet.
Kelebihan :
  1. Teknologi yang sudah ada tidak berkembang terlalu pesat dan juga teknologinya sudah matang
  2. Harga modem tergolong murah (USD 20 - 30)
  3. Investasi ISP tidak terlalu tinggi karena pemanfaatan infrastruktur yang ada
  4. Cepat dibuat karena infrastruktur sudah ada.

3.WIRELESS
Wireless atau Nirkabel telekomunikasi adalah transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik. Jarak bisa pendek, seperti beberapa meter untuk remote control televisi, atau sejauh ribuan atau bahkan jutaan kilometer untuk ruang-dalam komunikasi radio. Ini meliputi berbagai jenis tetap, mobile, dan portabel radio dua arah, telepon seluler, personal digital assistant (PDA), dan jaringan nirkabel. Contoh lain dari teknologi nirkabel termasuk GPS unit, pembuka pintu garasi atau pintu garasi, wireless mouse komputer, keyboard dan headset (audio), headphone, penerima radio, televisi satelit, siaran televisi tanpa kabel dan telepon. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Nirkabel)

Kelemahan :

  1. Biaya infrastruktur masih tinggi sehingga investasinya mesti tinggi.
  2. Jumlah kanal terbatas
  3. Teknologi masih terus berkembang
Kelebihan :
  1. Tidak tergantung dengan pemilik infrastruktur, sehingga pelaksanaannya bisa langsung dikerjakan
  2. Kecepatan akses data-nya bisa tinggi
  3. Bisa dipasang dimana saja selama persyaratan line of sight terpenuhi
4. FIBRE OPTIC

Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED[1]. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.
Perkembangan teknologi serat optik saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional. Dengan demikian serat optik sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi[2]. Pada prinsipnya serat optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya.
Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Serat_optik)

Kekurangan :

  1. Infrastruktur masih terbatas
  2. Perlu investasi yang tinggi
  3. Pemeliharaan sangat sulit dan memerlukan biaya tinggi
Keuntungan :
  1. Kecepatan akses data-nya sangat tinggi, bisa sampai 1Gbps
  2. Aksesnya sangat stabil dan hampir tidak ada gangguan yang berarti
  3. Bisa dipakai sebagai backbone untuk satu jaringan yang butuh bandwidth besar

5. SATELITE
Koneksi Satelite internet adalah koneksi yang menggunakan satelite sebagai pihak Providernya, namun karena koneksi ini terlalu mahal maka penggunanya pun juga sedikit sekalipun kecepatannya mampu mencapai 18 MBps.

6.DIRECT CABLE
Koneksi jaringan kabel adalah fitur dari microsoft untuk share file, dengan menggunakan serial port, paralel port maupun infrared dari setiap komputer yang terhubung. Hal tersebut memungkinkan kita untuk membuat sebuah jaringan lokal.
7.RT-RW Net

RT/RW-net sebetulnya produk hasil jerih payah banyak rakyat di Indonesia yang mendambakan Internet murah. Dari sisi kebijakan RT/RW-net memperlihatkan sebuah fenomena ketidak adaan ruang legal bagi infrastruktur berbasis komunitas, yang di bangun dengan peralatan buatan sendiri, dari rakyat, oleh rakyat, oleh rakyat. Tidak ada ruang legal bagi infrastruktur Wireless Internet menggunakan WiFi.
Adanya peralatan teknologi informasi yang mutakhir tidak cukup. Keberhasilan RT/RW-net di Indonesia terjadi karena adanya proses pemandaian masyarakat tentang alternatif teknologi Internet yang murah. Belakangan hari, teknologi Wireless Internet tampaknya menjadi tulang punggung RT/RW-net di Indonesia.
Detail teknologi RT/RW-net di terangkan di bagian Teknologi RT/RW-net.

Sumber : Michael S. Sunggiardi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunga Terakhir

BUNGA TERAKHIR . Halo, Ketika aku nulis cerita yang abstrak tapi harus aku tulis, karena biasanya mantan penulis (eh) ga bisa luapin perasaannya tanpa pulpen dan kertas. Dan ini aku tulis pada tanggal 25 Maret 2016, dini hari tadi. . Kali ini aku buat cerita sesuai apa yang aku alami dan aku rasakan 3 semester lalu, Kalo pun sekarang semuanya berbeda, berarti Tuhan mendengar doa-doa'ku untuk kalian. Nantinya kita semua akan berbeda arah dan tujuan, jalan takdir kita juga berbeda, tak selalu sama, bukan kah begitu........... kawan? Dan mungkin ketika aku tulis coretan kalimat tak bermakna ini, aku sedang ada pada bukit yang berbeda dengan kalian semua, dan ketika aku menoleh keselilingku, tak ada salah satu dari kalian, dan saat itu tiba, aku sebut itu dengan Rindu. . Dulu.. yang aku sebut kita adalah 5 orang konyol yang memiliki sifat saling melengkapi, itu adalah A, R, P, O (aku), dan F. Kita yang awalnya ga saling kenal, tiba-tiba menyatukan batin kita satu

Aplikasi penambah Followers (GRATIS)

Heyy Mas bro Mbak bre ... :-) Sorry ya udah lama gak eksis disini. Hacker'a berganti alih jadi promotor twitter + Penambah jumlah followers.Tapi tenang aja, jasa hacker'a masih berlaku mas bro mbak bre. Buat para pengguna twitter yang pengen banget eksis, tapi sayangnya followers'a sedikit, mulai sekarang gak ada lagi deh acara sepi sepian di kolom followers kamu. :-) Ada banyak cara untuk kalian semua buat nambah jumlah follower GRATIS loh, tapi ingat ya, semua ada batasannya. Jika anda terlalu rakus untuk menambahkan follower, Jangan harap twitter anda akan selamat dari yang namanya Suspend ! :-) Berikut cara - cara yang perlu diperhatikan untuk menambah followers : 1. Yang pertama kali wajib anda lakukan untuk menambah followers, sebaiknya anda buka dulu akun twitter anda. 2.  Setelah itu, pastikan bahwa akun twitter anda, bukan akun twitter baru. Karena dampaknya pasti akan terkena suspend. 3. Login ke link-link berikut ini :  a.  Twiends   b.  Spread

Dampak Penggunaan Teknologi dan Komunikasi

Perkembangan dunia teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat setiap insan manusia mau tidak mau, siap tidak siap menerima datangnya dunia teknologi dan komunikasi. Sangatlah terlihat betapa banyaknya teknologi dan komunikasi bermunculan dalam waktu bersamaan, seperti : adanya media cetak dan media elektronik berupa surat kabar, radio, televisi, dan komputer. Mereka berharap adanya teknologi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan manfaat yang sangat berarti bagi mereka.