Langsung ke konten utama

Bangga Menjadi Indonesia


Bill Gates sang pemilik perusahaan Microsoft dan juga orang terkaya versi Forbes datang pada tanggal 6 Mei 2008, kok ya hampir senafas dengan 100 th kebangkitan nasional yah ...
Nah 26 Mei 2008 akan diadakan IGOS Sumit II,
Kok kayak perang sih ... antara Open Source dengan Proprietary ? Kayak pemikiran Soekarno dulu yah  :-) Maka ketika Soepomo bertanya apakah yang akan menjadi dasar ketika negara nanti didirikan.
Ketika orang bingung dengan perkembangan IT yang seakan menghantui kehidupan. Ada , mengejar, mengelilingi, nyata, namun tidak tahu harus bersikap bagaimana .
Ketika hardware semakin mahal dan demikian pula program aplikasi
Ketika dikdasmen semakin lusuh karena kepungan peradaban baru itu.
Ketika kurikulum pendidikan IT seakan kepanjangan perusahaan besar
Ketika masa depan dipertaruhkan melalui pendidikan.
Ketika pilihan harus dijatuhkan antara Open Source dan Proprietary.
Ketika semua masih bingung karena menjadi bagian dari pengguna yang terpaksa harus menerima kemajuan peradaban, suka atau tidak suka.
Ketika kebiasaan menggunakan barang tidak halal terbiasa.
Hadir anak negeri menawarkan solusi kayak Soekarno dan Hatta dulu mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.
"Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri.."
BlankOn Linux adalah distro Linux berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia (Ubuntu-id.org) demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. http://www.blankonlinux.or.id/
Kini harapan menyingsing..., pendidikan IT Dasmen tidak harus bingung dengan soal bahasa dan barang tidak halal. Sistem Operasi yang dikembangkan oleh anak negeri telah lahir di bumi pertiwi, seakan tidak relah atas caci maki sebagai negeri yang suka mencuri.
Terpulang kepada Kadinas Provinsi yang baru. Apakah Jogja mau bersikap atas ketidakmenentuan yang sedang berkecamuk ? Apakah benar SLOGAN "PENDIDIKAN INVESTASI PERADABAN" akan menjadi satunya harapan dan keputusan.
Pengganti program aplikasi MS Office yang Opensource, artinya free ware sudah banyak tersedia seperti Multi Media Office, Open Office. Demikian pula dengan program aplikasi yang lain.
Disamping itu, pengunaan Open Source sejak awal akan menanamkan pemikiran kepada paera peserta didik bahwa software yang mereka gunakan adalah software yang bisa dikembangkan dimana kelak kalau mereka sudah saatnya akan memapu untuk mewujudkan mimpi mereka. Masyarakat Open Source sedunia seakan mengepung perusahaan2 kayak Microsoft yang mewakili perang ideologi yang sudah ratusan tahun tiada henti sesuai dengan perkembangan peradaban. Bahkan beberapa software Open Source yang downloadable dan updateable ternyata lebih unggul dari Proprietary, seperti browser FireFox, email client Thundercird, dll. Fakta penyerahan atau pembukaan puluhan source code Microsoft mungkin boleh di-indikasikan sebagai ketatnya kepungan Opensource developer diseluruh dunia terhadap Proprietary developer.
Pak Ketua KRPDIY sudah memulai untuk ber Opensource di Laptop beliau, meskipun dengan gurauan "ya saya harus belajar" sambil tersenyum khas. Beberapa evidence telah menunjukkan bahwa
BlankOn Linux Lontara menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya, dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah bidang komputer pada Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan.
Telah mudah di-instal oleh peserta dikdasmen.
JAYALAH NEGERIKU BUSUNGKAN DADAMU TEGAKKAN MUKAMU
Sumber : http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Anak_Negeri_memang_Luar_Biasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunga Terakhir

BUNGA TERAKHIR . Halo, Ketika aku nulis cerita yang abstrak tapi harus aku tulis, karena biasanya mantan penulis (eh) ga bisa luapin perasaannya tanpa pulpen dan kertas. Dan ini aku tulis pada tanggal 25 Maret 2016, dini hari tadi. . Kali ini aku buat cerita sesuai apa yang aku alami dan aku rasakan 3 semester lalu, Kalo pun sekarang semuanya berbeda, berarti Tuhan mendengar doa-doa'ku untuk kalian. Nantinya kita semua akan berbeda arah dan tujuan, jalan takdir kita juga berbeda, tak selalu sama, bukan kah begitu........... kawan? Dan mungkin ketika aku tulis coretan kalimat tak bermakna ini, aku sedang ada pada bukit yang berbeda dengan kalian semua, dan ketika aku menoleh keselilingku, tak ada salah satu dari kalian, dan saat itu tiba, aku sebut itu dengan Rindu. . Dulu.. yang aku sebut kita adalah 5 orang konyol yang memiliki sifat saling melengkapi, itu adalah A, R, P, O (aku), dan F. Kita yang awalnya ga saling kenal, tiba-tiba menyatukan batin kita satu

Aplikasi penambah Followers (GRATIS)

Heyy Mas bro Mbak bre ... :-) Sorry ya udah lama gak eksis disini. Hacker'a berganti alih jadi promotor twitter + Penambah jumlah followers.Tapi tenang aja, jasa hacker'a masih berlaku mas bro mbak bre. Buat para pengguna twitter yang pengen banget eksis, tapi sayangnya followers'a sedikit, mulai sekarang gak ada lagi deh acara sepi sepian di kolom followers kamu. :-) Ada banyak cara untuk kalian semua buat nambah jumlah follower GRATIS loh, tapi ingat ya, semua ada batasannya. Jika anda terlalu rakus untuk menambahkan follower, Jangan harap twitter anda akan selamat dari yang namanya Suspend ! :-) Berikut cara - cara yang perlu diperhatikan untuk menambah followers : 1. Yang pertama kali wajib anda lakukan untuk menambah followers, sebaiknya anda buka dulu akun twitter anda. 2.  Setelah itu, pastikan bahwa akun twitter anda, bukan akun twitter baru. Karena dampaknya pasti akan terkena suspend. 3. Login ke link-link berikut ini :  a.  Twiends   b.  Spread

Dampak Penggunaan Teknologi dan Komunikasi

Perkembangan dunia teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat setiap insan manusia mau tidak mau, siap tidak siap menerima datangnya dunia teknologi dan komunikasi. Sangatlah terlihat betapa banyaknya teknologi dan komunikasi bermunculan dalam waktu bersamaan, seperti : adanya media cetak dan media elektronik berupa surat kabar, radio, televisi, dan komputer. Mereka berharap adanya teknologi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan manfaat yang sangat berarti bagi mereka.